Kamis, 11 Desember 2014

BATUTUMONGA

Pernahkah sahabat mendengar nama daerah di Tana Toraja bernama Batutumonga?  Inilah salah satu pilihan wisata alam terbaik yang dimiliki Indonesia. Mengunjungi Tana Toraja, belum afdol rasanya jika belum ke Batutumonga dan menyaksikan sunrise dari atas sana. Batutumonga terletak di lereng Gunung Sesean yang merupakan gunung tertinggi di Toraja. Tak heran jika banyak orang menjadikan gunung ini tempat terbaik menyaksikan keindahan Tana Toraja dari ketinggian, termasuk panorama Kota Rantepao.

Batutumonga berada sekira 2 km atau 30 menit berjalan kaki dari Lokomata. Di Lokomata, selain dapat menyaksikan kehidupan tradisional masyarakat pedesaan Toraja, kubur-kubur di batu-batu raksasa juga terlihat di beberapa titik di tepi jalan. Batu-batu raksasa yang dilubangi untuk menyimpan jenazah kerabat tersebut bahkan terletak di pinggir jalan raya, menyuguhkan pemandangan berbeda dari kuburan di tebing batu serupa Londa.  Sepanjang perjalanan, pemandangan tropis yang indah permai akan menyejukkan mata sahabat. Setibanya di Batutumonga, pemandangan alam berupa bentang persawahan yang hijau dapat dinikmati


Saat pagi hari di Batutumonga, kabut dan sekumpulan awan putih bersih membalut langit Tana Toraja. Sahabat akan merasa bagaikan sedang berdiri di negeri awan.
Batutumonga juga merupakan kawasan yang terbilang sepi dan lengang aktivitas. Tak banyak yang dapat sahabat lakukan selain menikmati keindahan alam dan mencari ketenangan. Sangat cocok bagi sahabat yang ingin menghilangkan penat.

Salah satu pemandangan dari atas, Batutumonga

7 komentar:

  1. nice place kak.. bole deh sekali sekali coba touring kesana.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe boleh bgt sista :D serasa surga deh disanaaa...

      Hapus
    2. tapi kira-kira kalau destinasi kesana biayanya butuh banyak uang enggak kak??? :(

      Hapus
    3. iya lumayan sih kak,.. soalnya jarak dari satu tempat ke yg lain berjauhan itu yg memakan biaya :)

      Hapus
    4. Wahh,, apa gak ada cara irit biar bisa tetap destinasi kesana kak???

      Hapus