Selasa, 09 Desember 2014

Kuburan Londa Tana Toraja ( Gua Pemakaman Londa)

Nah, kalau tadi sudah bahas Kete Kesu, sekarang penulis ingin bahas Londa. Londa tidak berbeda jauh dengan Kete Kesu. Kuburan Londa Tana Toraja adalah  bebatuan curam di sisi makam khas Tana Toraja. Salah satunya terletak di tempat yang tinggi dari bukit dengan gua yang dalam dimana peti-peti mayat diatur sesuai dengan garis keluarga, di satu sisi bukit lainya dibiarkan terbuka menghadap pemandangan hamparan hijau. Londa terletak de Desa Sendan Uai, Kecamatan Sanggalai, sekitar 5 Km ke arah selatan dari Rantepao, Tana Toraja.
Yang terkenal dari kuburan Londa ini ialah pemakaman dalam gua yang benar-benar terkesan alami, dalam arti di mana dalam gua tersebut banyak ditemukan peti manusia yang hanya diletakkan begitu saja di situ dan bahkan tengkorak manusia dapat ditemukan di dalam sana. Namun, sahabat jangan berpikir bahwa itu diletakkan begitu saja di situ, tetapi memang seperti begitulah cara orang dahulu suku Toraja memakamkan jasad kerabatnya.

Untuk mencapai lokasi gua makam Londa, sahabat harus menuruni sejumlah anak tangga. Sebelumnya, sahabat juga harus menyewa lentera petromak yang diperlukan sebagai penerang saat berada di dalam gua makam.  Sahabat dapat membawa sendiri lentera ini atau meminta seseorang (yang juga berperan sebagai guide) untuk membawanya.  Nah! Ketika memasuki gua makam Londa, sahabat akan merasakan hawa-hawa mistis layaknya sedang melakukan uji nyali. Tetapi justru bagian inilah yang merupakan titik puncak keseruan saat berwisata ke Kuburan Londa Tana Toraja! :) 
Penulis bersama saudara-saudara berpose di depan pintu masuk Gua Pemakaman Londa, Desember 2009

Penulis berpose bersama tengkorak manusia di dalam Gua Pemakaman Londa , Desember 2009

Nah kalau yang di belakang penulis ini juga peti-peti orang yang dimakamkan di dalam Gua Pemakaman Londa ini, Desember 2009foto lain kunjungi akun facebook penulis


13 komentar:

  1. Ini kuburan satu2nya di dalem gua ya cuma di toraja ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo di toraja sendiri banyak tapi ini paling besar dan dijadikan obyek wisata.. kalo di daerah lain sprtinya gak ada.. cuma di toraja sj kak yg pnya kyk gini :D

      Hapus
  2. horror gak sih kak ini didalam ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. horror sih iya, tapi yah dibawa enjoy aja... asal kita gak macem2 semuanya akan baik2 saja kakak :D

      Hapus
  3. sepertinya bikin merinding yaa kalo kesana, banyak tengkoraknya :(

    BalasHapus
  4. hihi iya kakak, tapi asli seru banget! :D

    BalasHapus
  5. kok lebih horror daripada kuburan di bali ya kak???

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa tp kalo dibawa fun ga bakal kerasa horror kok kakak :D

      Hapus
    2. ohya?? disana juga disediakan guide kan kak??

      Hapus
    3. tapi apakah memang tempat keramat disana sengaja dijadikan tempat wana wisata

      Hapus
  6. waaaa nice place bgt !!! ajak saya kesana dong kakak....

    BalasHapus