Rabu, 15 Oktober 2014

PONG TIKU

Siapa yang tidak tahu PONG TIKU? Minimal sahabat pasti pernah mendengarnya.. Jika sahabat berkunjung ke Toraja, pertama sahabat akan menemukan bandar udara bernama Bandar Udara Pong Tiku. Kemudian sahabat berjalan lagi ke arah kota Rantepao, di sana sahabat akan menemukan monumen patung Pong Tiku..

Patung yang berdiri tegak tersebut dikenal sebagai simbol keberanian dan perlawanan orang Toraja atas penjajah yang hendak datang dan merampas kemerdekaan orang Toraja.

Singkat cerita, Pong Tiku (Lahir Toraja 1846 ,Meninggal Rantepao Tanah Toraja 10 Juli 1907) adalah seorang Pahlawan Nasional Indonesia yang berasal dari Toraja, Sulawesi Selatan. Pong Tiku sering juga dipanggil Nene Baso adalah pahlawan nasional yang berjuang melawan penjajahan kolonialisme Belanda di Toraja.

Tentara Belanda pertama kali datang ke Toraja pada tahun 1906. Sekalipun perlawanan Pong Tiku dan kawan-kawan sangat heroik, Belanda kemudian menang melalui tipu muslihat yang berakhir dengan eksekusi Pong Tiku di tepi sungai di Sa’dan, Rantepao pada tahun 1907. Sekarang diatas tempat dihukum matinya Pong Tiku (terletak di Jalan Benteng Batu Rantepao) dibangun sebuah tugu peringatan/prasasti yang menceritakan perjuangan Pong Tiku.


4 komentar:

  1. jadi nama bandara toraja dinamakan dari nama seorang pejuang ya kak???
    terimakasih atas infonya, bisa menambah pengetahuan soal Indonesia..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul sekali sist :) rata2 smw bandara di indonesia kan mmg memakai nama pahlawan hihii

      Hapus
    2. Aku kira untuk sebuah daerah di Indonesia seperti Toraja tidak memakai nama pahlawan kak.. hehhe

      Hapus